Istihadlah (Gangguan Haid)


Istihadlah (Gangguan Haid)
Oleh Shodiqiel Hafily
20 Oktober 2008

Haid, 41 Kasus Istihadloh dan TabelnyaTerlambat haid atau menstruasi yang tidak teratur patut diwaspadai karena itu berarti telah terjadi abnormalitas pada siklus menstruasi.Rasa nyeri yang timbul selama menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya faktor ketidakseimbangan hormon, yaitu terjadinya peningkatan sekresi hormon prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi uterus yang berlebihan.

Menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan karena adanya gangguan hormon ataupun faktor psikis, seperti stress, depresi, dan lain-lain yang dapat mempengaruhi kerja hormon. Juga bisa disebabkan pemakaian alat kontrasepsi yang kurang pas sehingga siklus haid menjadi tidak teratur.

Alternatif mengatasi gangguan menstruasi dengan cara alami menurut Hembing dalam buku yang ditulisnya adalah: 30 gram temu lawak (diiris-iris)+ 15 gram bunga mawar merah + 15 gram daun dewa + 10 gram umbi teki kering, semua dicuci bersih dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Terkait dengan hukum-hukum serta persoalan menyangkut haid yang tidak teratur atau disebut istihadlah, Anda dapat mendownload:

Tabel 41 contoh kasus istihadloh (haid-menstruasi tidak beraturan) lengkap dengan Penjelasan Tabelnya.[]