Happy Valentine 4U


valentine-01Happy Valentine 4U

“Yang saya khawatirkan jangan-jangan ada fatwa HARAM MERAYAKAN VALENTINE. Paramuda pasti terusik dan suasana akan terganggu. Sebenarnya, apa acara perayaan valentine itu saya kurang tahu jelas?”


Kutipan itu saya baca di sebuah media nasional. 14 Februari masih lima hari lagi. Tapi toko-toko cenderamata dan semacamnya telah siap dengan kartu ucapan, paket hadiah dll. Tak lupa para blogger, telah menerbitkan posting-posting baru terkait acara paramuda itu, walau tulisan-tulisan bertema valentine telah bertebaran di mana-mana. Jadi, saya tidak akan menambah-nambah tulisan tentang itu. Saya hanya ingin menerbitkan pengalaman, pendapat dan komentar teman-teman muda di sini.

Sebagian pendapat dan komentar teman-teman blogger adalah berikut ini:

anank84

Salam kenal dari aq nich (not comment, add)

seagate

Maaf.., itu memang budaya barat.
Anak sekarang memang menyenangi kebudayaan barat dan modern.. mulai dari music, berpakaian, sampe bahasa, bahkan “bhs. kotor”.

Untuk valentine mungkin teman2 bisa menilai sendiri apakah haram atau tidak..,  mulai niat kita di valentine, apa yang dilakukan di saat valentine, de+el+el.

Menurut saya valentine merupakan sebatas hari special saja.., seperti halnya hari Ibu, 17 Agustusan.., he3

farcha

Valentine bukanlah sebuah tradisi atau ajaran islam. Sebab dilihat dari asal muasalnya valentine bukanlah dari golongan kita. Allah dan rasul menegaskan “bagi siapa yang mengikuti tradisi atau ajaran suatu kaum maka dia termasuk golongan kaum tersebut.”
Selain itu jika kita lihat valentine dari segi manfaat dan madharatnya juga apa? Yah.., Anda bisa berfikir sendiri bukan?

Masayips

Bagi saya Hari Valentine sudah telanjur membudaya di kalangan anak muda di Indonesia, tetapi hanya sebuah usulan agar hari valentine lebih bermanfaat untuk kebisaan memberi coklat yang mahal diganti saja dengan beras.

Salam

kurniadi (tanpa link url)

Kalangan muslim sudah banyak yang terkikis, mereka merayakan valentin tetapi acara-acara pengajian mereka mudah sekali meninggalkannya. Yang jelas di sini hari valentin itu menjurusnya ke pelampiasan nafsu, apalagi kalo nafsu yang dibawa orang barat kebanyakannya seperti nafsu binatang, mungkar, dan mempengaruhi banyak orang. Jadi menurutku valentin harom ok banget. Jangan kita ragu-ragu kalo tidak ada budaya barat yang menyesatkan tidak perlu rakyat Indonesia demo anti pornografi, dsb.

Wah, kebanyakan setuju jika diharamkan dan gak penting valentin diperingati.

Ghufron

“Saya setuju 100% Valentine diharamkan, saya setuju banget dengan pendapat kalian. Indonesia punya 1000 budaya, kenapa gak dipopulerkan, tul ‘pa tul?”

cahedw (tanpa url)

Kalo ABG jaman sekarang lebih mengutamakan valentine daripada kegiatan2 keagamaan.., betuuul gak?

jmw

Valentine lebih banyak mudharat ketimbang manfaat.., saya setuju 1000% valentine diharamkan.

bodrox (tanpa url)

Hi.. hi.., kata teman saya valentine itu hari raya orang sedunia…

karim

Kenapa sih budaya barat dijaga dan dipertahankan? Bagusnya budaya dalam negeri dong dipertahankan dan jangan dibarat-baratkan dengan alasan modern.

pocongsexy

Lengkapnya bisa dilihat di sini. (Pocong sexy menulis artikel khusus valentin, silakan meluncur ke sono, admin)

nerissa

Valentine adalah pengerak ekonomi perdagangan dunia.
Valentine juga ditunggu teman2 yang punya amazon store.

——–
Adm.:

Silakan tulis apa saja di kolom komentar, berupa pendapat, pengalaman sejarah, acara valentine dsb dan kita masukkan di posting ini. Kita baca bersama dan kita semua tahu.
valentine
valentine-02valentine-03
valentine-04
valentine-05valentine-06