iOS 9.0

Update terbaru, September 2015

Sampai di update ini, beberapa perbedaan tampak dan terasa lebih enteng di jari jemari. Ada beberapa perubahan ‘kecil’ pada tampilan serta penambahan fitur.

CarPlay: CarPlay features Siri voice control and is specially designed for driving scenarios. It also works with your car’s controls — knobs, buttons, or touchscreen. And the apps you want to use in the car have been reimagined, so you can use them while your eyes and hands stay where they belong.

Pin BBM berubah, ini baru saya sadari. Seluruh kontak memang utuh, tidak terhapus. Tapi, bagi saya, perubahan pada nomor unik ini persoalan mana kala berubah dari yang telah saya suka dari sekian pilihan, terus berubah ke pin yang kurang keren😦

1. Pencarian yang Lebih Baik

Apple telah memperbarui fitur Spotlight di iOS 9, yaitu sebuah alat untuk mencarikan perangkat Anda informasi, seperti kontak atau email secara cepat. Di samping itu, Apple juga menambahkan fitur baru yang berlimpah.

Sekarang Anda dapat mengakses pencarian dari dua lokasi yang berbeda, di sebelah kiri layar awal utama atau dengan swipe ke bawah pada salah satu home screen di perangkat untuk menampilkan kolom pencarian.

2. Siri Kini Punya Kemampuan Baru

Setelah memperbarui ke iOS 9, Anda akan dapat meminta Siri untuk:

  • Menampilkan foto dari tanggal atau lokasi tertentu.
  • Mengatur pengingat (reminder) yang dipicu ketika Anda masuk ke mobil Anda (dengan asumsi, iPhone dan mobil Anda terkoneksi satu sama lain melalui Bluetooth).
  • Mengingatkan Anda tentang konten yang telah Anda lihat dalam aplikasi. Misalnya, jika Anda mengetik di aplikasi Notes dan ingin beristirahat, Anda bisa meminta Siri: “Ingatkan saya untuk menyelesaikan catatan malam ini.”

3. Aplikasi News Baru

Apple mempunyai aplikasi News garapannya sendiri, yang mana Apple berharap Anda akan menemukan update berita harian Anda. Anda bisa berlangganan untuk memilih kelompok penyedia berita dan blog dari dalam aplikasi, atau menambahkan situsnya melalui Safari.

Aplikasi News terbaru lebih dari sekadar teks dan foto karena Apple menjanjikan sebuah pengalaman yang disempurnakan dengan audio, video, galeri, dan animasi.

Tidak hanya itu, setiap paginya The New York Times akan menyapa Anda dengan konten harian singkat yang memuat cerita terbesar.

4. Perbaikan Aplikasi Notes

Aplikasi Notes akhirnya memberi penawaran fitur lebih dari sekadar halaman kosong untuk mengetik dalam teks acak. Sekarang Anda dapat memasukkan link web, teks yang telah diformat, foto, dan bahkan sketsa yang digambar dengan tangan.

Dan untuk pertama kalinya dalam keberadaan aplikasi ini, Anda dapat membuat folder untuk mengatur catatan Anda lebih baik.

Kemudian, dengan menggunakan iCloud Drive, Apple akan melakukan sinkronisasi catatan antara perangkat-perangkat Apple Anda. Intinya, aplikasi Notes kini lebih seperti Evernote.

5. Arah Transit di Apple Maps

Sejak kemunculan pertamanya di 2012, aplikasi Apple Maps belum memiliki petunjuk arah transit. Ini merupakan kelemahan yang mengejutkan karena membatasi fungsi aplikasi ini bagi pengguna kendaraan umum.

Karenanya, hal tersebut pada saat itu telah mendorong aplikasi transit yang dikembangkan pihak ketiga yang luar biasa seperti CityMapper. Namun sekarang, Apple memberikan solusinya sendiri.

Tampilan transit di Apple Maps baru  menunjukkan rute dan arah untuk jalur kendaraan umum. Anda juga dapat meminta Siri untuk menunjukkan arah transit.

Selain itu, pengguna Mac dapat merencanakan perjalanan pada Maps di versi OS X, dan kemudian mengikuti rute pada iPhone atau Apple Watch mereka.

Namun, saat aplikasi digunakan, penunjuk arah transit akan tersedia dalam jumlah terbatas di wilayah metro, seperti Baltimore, Berlin, Chicago, London, Mexico City, New York City, Philadelphia, San Francisco, Toronto, Washington DC, dan sejumlah kota di seluruh Tiongkok.

6. Wallet menggantikan Passbook

Di iOS 9, Anda tidak akan lagi menemukan ikon Passbook pada iPhone karena Passbook hadir dengan nama baru: Wallet. Tapi santai, Anda tidak perlu memasukkan kembali string sejumlah angka dan hal-hal pribadi lainnya.

Sekarang Wallet mendukung lebih banyak rewards, toko, dan kartu kredit, termasuk Discover, Kohl’s, JCPenney, Dunkin ‘Donuts DD Perks, Walgreens Balance Rewards, dan MyPanera.

7. Modus Daya Rendah

Kini, sebuah fitur tambahan baru akan membantu untuk menghemat daya, saat daya baterai tersisa 20%. Dengan menonaktifkan fitur yang tidak penting seperti update aplikasi otomatis dan push email, perangkat iOS Anda akan bertahan lebih lama.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini secara manual atau menunggu sampai iOS menyalakannya atau meminta Anda saat baterai tersisa 20%.

8. iPad Slide Over dan Split-Screen View

Peluncuran iOS 9 membawa banyak fitur baru untuk iPad, termasuk kemampuan untuk menggunakan dua aplikasi pada waktu yang sama.

Untuk itu, Split View memungkinkan Anda mengatur jumlah ruang yang digunakan dua aplikasi yang kompatibel di layar iPad. Saat peluncuran, iPad Air 2 akan menjadi satu-satunya model yang mendukung aplikasi split-screen.

9. Picture-in-Picture

Masalah terbesar dengan menonton video – atau menggunakan FaceTime – di iPad adalah bahwa aplikasi seluruh layar dan membuat Anda hanya menonton video tersebut.

Nah, iOS 9 memperbaikinya dengan modus baru, yaitu picture-in-picture. Anda dapat melihat frame video kecil, ketika beralih antara aplikasi, dan memindahkan frame antara sudut layar.

10. Keyboard iPad yang Lebih Pintar

Keyboard baru iPad menawarkan jalan pintas untuk menyorot (highlight) dan memanipulasi teks. Bila Anda menggunakan dua jari untuk melakukan double-tap pada keyboard, maka kata di sebelah kursor pun dipilih.

Anda kemudian dapat menyeret (drag) kedua jari di atas keyboard untuk menyorot teks tambahan, sehingga menyorot seluruh paragraf atau kalimat menjadi sangat mudah.

Selain itu, jalan pintas (shortcut) keyboard untuk tool populer seperti Undo atau Bold akan tersedia tepat di atas keyboard.

(why/isk/liputan6.com)